Materi IPA SD Kelas 5 tentang Jenis-Jenis Pengungkit

Materi IPA SD Kelas 5 tentang Jenis-Jenis Pengungkit-Pada ringkasan yang lalu sudah dijelaskan secara singkat mengenai Pengungkit, berikut contoh gambar dan rumus-rumusnya. Dan sekilas sudah diberitahukan mengenai jenis-jenis pengungkit, yaitu ada tiga jenis pengungkit. Kali ini kita akan melihat penjelasan masing-masing jenis pengungkit berikut contoh gambarnya.

<< Ringkasan sebelumnya: Materi IPA Kelas 5 SD: Pengungkit

(1). Pengungkit Jenis Pertama
Pengungkit jenis pertama yaitu pengungkit yang titik tumpunya terletak diantara beban dan kuasa. Contoh dari pengungkit jenis pertama, diantaranya; (a). Jungkit-jungkit, (b). Timbangan berlengan, (c). Gunting, (d). Kakatua / catut berukuran besar.

jungkit-jungkit

(2). Pengungkit Jenis Kedua
Pengungkit jenis kedua yaitu pengungkit yang bebannya terletak diantara titik tumpu dan kuasa. Contoh pengungkit dari jenis ini diantaranya; (a) Pemecah kemiri, (b) catut, (d) Pembuka kaleng, (d) Gerobak yang beroda satu.

Gerobak roda satu contoh pengungkit jenis kedua

(3). Pengungkit jenis ketiga
Pengungkit jenis ketiga, yaitu pengungkit yang kuasanya terletak diantara titik tumpu dan beban. Contoh pengungkit jenis ini diantaranya; (a) Alat pancing,  (b) Skop,  (c) Sapu,  (d) penjepit es.

Skop
Keuntungan dari pengungkit jenis ini yaitu dapat digunakan untuk menggerakan beban yang jaraknya lebih jauh dari titik kuasa.

Ringkasan berikutnya: Materi IPA SD Kelas 5: Bidang Miring >>

No comments:

Post a Comment